Senin, 28 November 2022

cara menarik minat membaca

Membaca merupakan kegiatan yang bermanfaat dan termasuk salah satu hal yang positif apabila dilakukan setiap hari.

Banyak orang yang melakukan kegiatan membaca untuk mengisi waktu luang mereka, karena kebanyakan membaca buku di waktu-waktu senjang mereka merupakan hal yang produktif dan menambah pengetahuan, baik itu buku koran, majalah, komik, novel, atau pun buku pembelajaran.

Nah kali ini aku bakal ngebahas bagaimana agar teman-teman bisa tertarik serta menambah daya tarik dalam membaca dari pengalaman ku.

1. Cari buku yang sesuai fashion.
Nah, kenapa aku katakan "cari buku sesuai fashion" kalian dikarenakan agar teman-teman semakin penasaran dan tertarik, serta dalam memulai sesuatu hal, teman-teman pasti akan menyesuaikan dengan apa yang pas dengan diri teman-teman, salah satunya seperti membaca buku ini. 

Jika teman-teman sudah tidak pas dengan buku yang kalian ingin memulai membaca, otomatis kalian bakalan kehilangan daya tarik untuk ningkatkan minat baca teman-teman.


2. Jangan mencari buku dengan kata-kata/ frasa yang tinggi.
Bagi pemula teman-teman harus mengantisipasi hal ini karena dari pengalaman-pengalaman ku yang dulu, ketika aku membaca buku dengan level kata/ frasa yang tinggi aku sendiri sedikit kesulitan untuk mencerna maksud dan tujuan dari isi buku tersebut.

Untuk teman-teman pemula semua, aku sarankan cari buku yang memiliki kata/ frasa yang standar. Contohnya, apa bila teman-teman tertarik dengan buku-buku "politik, agama, seni, sejarah, dll" aku sarankan cari buku pengantarnya dulu agar teman-teman tidak kaget ketika membaca buku-buku yang memiliki tingkat kata/ frasa yang tinggi.

3. Pilih tempat yang ternyaman.
Bukan hanya masalah hati saja yang harus bisa membuat tempat ternyaman, membaca juga membutuhkan hal yang sama, kenapa aku katakan demikian, karena awal aku mulai tertarik untuk membaca buku, aku selalu mencari tempat-tempat ternyaman buatku salah satunya sih dipantai.

Nah jadi teman-teman harus bisa mengkondisikan hal ini agar teman-teman nyaman dan tidak ada gangguan dari lingkungan tempat yang Anda pilih salah satunya itu yang biasa sering membuat kita terganggu yaitu: keributan, dan suara berisik kendaraan.

4. Komitmen
Dalam membaca buku teman-teman juga dituntut harus komitmen, contohnya yaitu seperti teman-teman harus menanamkan ke diri masing-masing sehari harus bisa menghabiskan 3-5 lembar atau dengan cara 15 menit sehari di waktu senggang pas disaat waktu istirahat dan sebelum tidur. Mengapa demikian, hal ini sangat berpengaruh untuk merubah rutinitas teman-teman yang semula biasa saja menjadi rutinitas yang produktif.

Mungkin sekian dulu pengalaman yang dapat aku bagikan, tetap semangat membaca dan jangan lupa pantau terus blog ku ni, agar aku bisa mambagikan pengalaman-pengalaman ku yang bisa membantu teman-teman, Terimakasih.

Share this

0 Comment to "cara menarik minat membaca"